Selasa, April 20, 2010

Informasi Kemitraan Nusantara ( Bridging Program ITB )

Post ini saya buat untuk menyikapi dari post-post saya yang sebelumnya, karena di blog ini saya banyak ngepost tentang bridging program, makanya banyak yang menghubungi saya lewat YM, FB, HP, dll..
*yah gpp sih dimaklumi saja, sebentar lagi kan (juni kalo ga salah) mau ada bridging, mungkin mereka penasaran tentang kehidupan selama di bridging itu bagaimana? dll, toh saya juga pernah merasakan perasaan mereka bagaimana dag dig dug keterima KN ITB trus sampe cari" informasi di bang google..

Oke to the point aja, soalnya gw jg udah ngantuk. Kegiatan bridging waktu jaman gw dimulai di hari senin (tanggalnya gw lupa), hari Sabtunya kita melakukan daftar ulang, dan saat itu diajak berkunjung dengan menggunakan bus ITB ke asramanya (alamatnya gw lupa). Di hari itu pula kita menentukan kamar mana yang akan kita huni selama 7 minggu tersebut, 1 kamar maks. 6 orang, bisa juga kurang. 1 kamar terdiri dari 6 tempat tidur, 6 meja blajar dan 4 lemari baju. Kamar mandinya lumayan banyak, (dipisah dari kamar). Kemudian hari itu juga, diumumkan bahwa kegiatan bridging program ITB akan dilaksanakan mulai pukul 19.00 WIB di hari Minggunya, Seninnya kita udah kuliah bridging. Peserta yang mengikuti bridging program sebanyak 150 orang.

Mata kuliah yang diberikan waktu jman gw (2009) yaitu kalkulus 1A, fisika dasar, kimia dasar, KPIP (konsep pengembangan ilmu pengetahuan), SAS (Sistem alam Semesta), PTI C (Pengenalan teknologi informasi) -ini belajar tentang komputer-, TTKI (tata tulis karya ilmiah), Olahraga.... Semua mata kuliah di atas merupakan sebagian dari mata kuliah reguler yang akan diajarkan pada tingkat 1 (semster 1 dan 2) saat masa TPB berlangsung.

Kuliah dilakukan dari hari Senin sampai Sabtu. Dari Senin-Jumat, kuliah berlangsung dari pukul 08.00 sampai pukul 17.00, istirahat cuma satu jam dari jam 12.00 sampe 13.00, manfaatkan bwt solat dan makan. Untuk hari Sabtu khusus mata kuliah olahraga, dilakukan di SARAGA.. cuma sampe sekitar jam 10 an lah. Biasanya tmen" gw yang dari jakarta suka balik siangnya stelah olahraga ke jakarta pake travel... yaaa klo gw sbagai orang bdg pastinya baliiik laaah.... hahahhaha.

Di jaman gw, di hari kedua bridging, kita bakal dsuruh milih fakultas yang kita inginkan, nah besoknya kita bakal dikasih selembar kecil hasil dari USM 1 !!!! nah loo... waktu itu pilihan gw 1. STEI, 2. FTI 3. FTSL, dan ternyata dari hasil USM 1, nilai gw ga cukup ke STEI maupun FTI, aaaaaarrghhh... nilai gw cuma cukup utk, ftmd, ftsl, sf, fitb, mipa, doang, tapi gw GAK MAU NYERAH, katanya kalo kita bisa serius, nilai ujian harian (kuis) kita bagus dan ujian di akhir bridging nanti juga bagus, gw masi bisa masuk STEI...

di asrama nanti, makan tidak ditanggung, kita yang beli sendiri makanannya, jadi siap" aja keluar duit lagi.. baju pun bisa minta dicuci in sama laundrynya, harganya gw ga inget, tapi ada juga tipe mahasiswa yang bekerja keras mencuci, jemur hingga sterika sendiri !, SALUT deh gw....

untuk masalah belajar, di asrama gampang, kalo ada pr, tinggal ketok pintu yang mengandung manusia pintar, biasanya si dibantu asal kita bisa adaptasi dg lingkungan. kalo mau ujian harian (kuis) bisa blajar bareng" dikantin, blajar menyendiri di pojok kamar dan tidak boleh ada yg ganggu , hahaha... bisa juga ketok pintu lagi. tapi ga usah kuatir, kertas ujian tahun lalu suka beredar mendadak sebelum kuis, jadi bisa belajar lewat situ dan soal-soalnya serupa tapi tak sama.

Dan Alhamdulillah pas pengumuman tanggal 1 Agustus 2009 (*bareng sama snmptn loooh !) gw bisa diterima di STEI.. dan ternyata STEI hanya menerima 18 mahasiswa bridging (* ini di jaman gw yaaa..-2009-) bisa aja berubah daya tampung stei untuk KN di 2010 ini. untuk fakultas lain gw ga sempet dapet informasinya.


smuanya tidak lepas dari doa, usaha, dan informasi !

Tidak ada komentar:

Posting Komentar