Minggu, April 11, 2010

Bridging ITB 2009 part 1



Dalam post bridging program itb ini saya akan sedikit (sebenernya sii banyak) tentang perjalanan saya selama 7 minggu menjalani bridging program. dimulai dari mana yaa..bingung niih ! mulai dari penjelasan bridging program itu sendiri kali yaa.. ! Jadi singkatnya, ada sebuah program ITB dalam menerima mahasiswa baru yaitu, Kemitraan Nusantara. program tersebut merupakan hasil kerjasama antara ITB dengan perusahaan BUMN dan pemerintah provinsi dalam menerima mahasiswa baru (singkat: maba). Program tersebut dilaksanakan bersamaan dengan Ujian Saringan Masuk Daerah (USM Daerah) tanpa ada perbedaan soal dan tingkat kesulitan. Ya.. waktu itu siih ayah gw kerjanya di telkom (salah satu BUMN yang kerjasama dengan kemitraan ITB).


Naah awalnya, gw masuk kemitraan sebab pas milih 3 pilhan, pilihan pertama gw kemitraan bid. sains dan teknik, pil. ke-2 gw STEI, dan pil. ke-3 gw FTSL, y udah mau gak ketrima ato ketrima pasti dapetnya kemitraan, haha bego ah :((. Pas nulis blog ini gw lagi tidur di kamar pake leptop sambil dengerin lagunya Ludwig van Beethoven - Symphony No. 7 (op. 92) dan makan coklat Cadbury *hehe selingan doang... (gak penting sii). Nah akhirnya pengumuman, tettereeeng...tereeeng.... dan emang ternyata gw keterima Kemitraan, yaah..seneng gak seneeng siih, males pas bridging nya masalahnya, ah dalem pikiran gw sebelumnya pasti bakalan di isolasi dalam sebuah asrama butut, gak dapet informasi dari luar, baju nyuci ndiri, truss belajar dan belajar, makan, tidur, belajar lagi, dst selama 7 minggu, beeuh udah males bgt deh..rasanya pengen ikut USM Terpusat tapi gimana lagi takutnya gak ketrima soalnya target utama gw STEI, hheeuu...-_-"!!!


Ya udah pas tanggal brapa yaa?? prassaan hari jum'at, tanggal 5 Juni 2009, hari itu merupakan pendaftaraan ulang bagi yang keterima kemitraan, sial pada saat itu gw dateng telat jam 10, padahal bakal di tutup jam 11. Pas lagi di jalan udah di telepon" ma dwiki, temen satu SMA gw yaitu SMA 5 Bandung yang juga keterima Kemitraan, awalnya sii belum akrab bgt, tp karna ce-nya sobat gw, ya kenal" dikit lah waktu itu, pas nyampe sana gw sambil lari" menuju gedung serbaguna (GSG) dan ketemu satpamnya sambil ditegur gtu.. "aduuh, knapa telat dek?," kata satpamnya, "Nih, lembar daftar ulangnya, cepet diisi trus langsung kasi ke meja depan". Ya udah dari situ gw langsung nulis dan ngurus semuanya (intinya daftar ulang) sambil dibantuin dwiki. HUft !!selesai juga. Mulai dari situ gw langsung kenalan sama temen kemitraan gw yg PERTAMA yg gw blum sempet knalan sebelumnya, dia Agung. Gw ma agung dipertemukan ma dwiki, agung ternyata anak bandung juga yang sekolah di SMA 2 dan satu smp sama dwiki. Tapi pas ngeliat beungetnya (baca: mukanya) pleuus bentuk tubuhnya, prasan kenal deeh..siapa ya?? haha pas udah gw inget" lagi ternyata dia anak yang waktu tes USM duduk di depan gw, huahahah kbeneren bgt yaa..!! Waah.. ternyata bnyak bgt yaa anak kmitraan kira" ada 150 orang, yang datang dari seluruh pelosok di Indonesia *udah itu bagian nanti gw ceritain.


Selesai daftar ulang, kami semua diberi pengarahan (wiiuh makin deg-degan), "program bridging resmi dilaksanakan mulai hari ini..tok..took..toookk, dan semua peserta bridging program wajib datang tepat ke asrama mulai hari minggu jam 19.00" kyaknya udh 'fly' aj gw denger kayak gtu. Stelah itu peserta kemitraan diajak mengunjungi asrama di jalan Cisitu lama 8. no.... pake bis ITB. Pas di bis itu ternyata gw ktemu sama satu temen lagi, dia Lukman dan bukhori, dua"nya anak SMA 3 Bandung, tapi lukman yang rumahnya satu komplek sama gw dan udah sedikit akrab, tapi sama c bukhori (panggilan: bori) belum terlalu akrab, tapi haha.., bersyukur bgt gw udah dpet temen udah lumayan bnyak deh.. ngeliat yg lain masi belum punya temen kasian juga, (halaah, nanti juga dapet).


Sampainya diasrama, *oh iyah asrama co-ce dipisahin, sialan !!. gw langsung ngisi kertas yang nantinya gak bakal guna, haha dan langsung ngisi kamar yang mau ditempatin, kita bertiga, gw, dwiki, agung milih kamar D4, lukman sama bori ternyata udah milih kamar duluan di D..brapa yaa? lupa ah, pokonya mereka skamar sama anak SMA 3 yg lainnya yaitu regy dan gredy. Okey, stelah ngisi no. kamar kita langsung dsuruh untuk ngecek kamar tersebut. kami bertiga jalan ke belakang asrama, Wahh.. lumayan luas juga yaa asramanya (dalem ati gw) pokonya dari gerbang depan menuju kamar kami lumanyun jauh deh, soalnya ada bangunan, 'B'dan 'C' di depan, sampe bangunan 'F' kalo gak salah, iya ga dwik?? Dan kita menemukan kamar D4, rasanya deg-degan, agung yang duluan ngebuka pake kunci yg dipinjemin sama front officenya, "Treek..kryyeek.. !!" terbukalah kamarnya terlihatlah 6 ranjang tidur besi dengan kasur penyek diatasnya, 6 meja belajar besi di samping tiap ranjang, dan 4 lemari baju di depan ranjang. Langsung deh gw nempatin ranjang di tengah, dwiki di paling pojok, dan si agung deket pintu, ranjang kami sejajar. Pas kami lagi duduk" diranjang kami masing" (niatnya sih biar betah ajaa...) ada yang membuka pintu, dan masuk lah seorang laki-laki oleh ayahnya masuk ke kamar D4. "Hai, salam kenal, disini juga, siapa namanya?" tanya gw, "REX.. dari tangerang" haa..*kata gw dalem ati, gak salah denger ya, namanya REX !! haha.. Ya memang itu namanya, Rex Nikko Simanungkalit, anak yang keliatannya kalem" aja pas pertama kali ketemu.


OKeh, Rex katanya bakal balik dulu ke Tangerang, nanti bakal balik lagi ke asrama minggu malem. Oh iyah, sbenernya pas liat daftar nama penghuni D4 ada anak yang namanya M. Ferzy tapi kayaknya pindah kamar, entah knapa. Y udah kami bertiga langsung mw balik lagi ke bis, dan ternyata ooww, apa yg terjadi? smua anak bridging ditinggal bus, sengaja kali yaa, biar bisa ke ITB sendirian. Lalu kami jalan kaki ke dago dari asrama trus naek angkot sampe jalan ganesha untuk solat jum'at di salman. Critanya udah selesai Jum'atan yaah, udah gtu kami berencana ngeduplikat kunci, tapi gw gak ikut ada urusan lain, jadi mereka berdua yang ngeduplikat sambil ujan-ujanan, sedangkan gw malah nitip dan neduh di ssc, DUUH !! sori yaa dwik ama agung, itu dosa pertama gw selama bridging program, hmhmhm...=)